Kayu Manis Turunkan Gula Darah

Kayu Manis Turunkan Gula DarahAnda suka lapis legit? sirop kayu manis? atau spekulas? Makanan yang dibubuhi kayu manis ternyata mampu untuk menjaga kadar gula darah dalam darah. Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsi rempah yang harum semerbak ini.
 
Kayu manis merupakan jenis rempah yang mudah ditemui di pasar tardisional. Tumbuhan yang berupa gulungan kulit kayu pohon Cinnamomum verum, syn ini memang aromanya sangat harum. Karena itu kayu manis sering ditambahkan dalam aneka kue-kue tradisional. Kulit pohon yang berwarna cokelat ini memang sangat wangi terutama setelah dihaluskan. Menjadi bumbu wajib untuk kue lapis legit, setup nanas dan di daerah Kerinci menjadi sirop dan aneka kue kering yang legit.


Tak sekedar aromanya yang harum, hasil riset yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa kayu manis bisa menjaga kadar gula darah. Seperti yang ditulis www.eatingwell.com, penelitian dilakukan oleh Malm, University Hospital di Swedia terhadap 14 orang sehat. Sebagian diberi makan puding nasi yang dicampur 3 sdt kayu manis bubuk dan yang sebagian diberi puding nasi tanpa kayu manis. Setelah 2 jam gula darah mereka diukur dan didapati bahwa kelompok yang memakan puding nasi dengan kayu manis memiliki kadar gula darah yang stabil.


Menyantap puding nasi dengan kayu manis ternyata membuat proses penyerapan makanan dalam susu halus menjadi lebih lambat. Meskipun para peneliti tidak tahu secara pasti bagaimana kayu manis bisa memperlambat proses penyerapan makanan dan menurunkan kadar gula darah. Namun, hasil riset memberikan bukti. "Makanan masuk ke usus halus lebih lambat, karbohidrat akan terurai lebih lambat, yang mengakibatkan kadar gula darah menjadi turun," demikian penjelasan Joanna Hlebowicz, M.D, seorang tim peneliti.


Penelitian lain juga membuktikan jika rempah bisa mempertahan kadar gula darah dengan meningkatkan taraf kepekaan hormon insulin seseorang, yaitu kemampuan sel untuk memberi respons pada signal insulin untuk melepaskan glucose dalam darah. Pada penelitian tahun 2003 terhadap 60 orang penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi 1/2 sendok teh atau 1 gram kayu manis bubuk selama 6 minggu terbukti bisa menurunkan kadar gula darah. Bukan hanya itu kadar kolesterol dan triglyseride juga ikut turun. Hal ini disebabkan karena hormon insulin juga berperan dalam mengatur kadar lemak darah.


Terlepas dari semua penelitian tersebut, tak ada ruginya mulai sekarang mengkonsumsi kayu manis. Kecuali aronaya harum legit, khasiatnya juga dahsyat!

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kuliner dengan judul Kayu Manis Turunkan Gula Darah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://minatremaja.blogspot.com/2012/07/kayu-manis-turunkan-gula-darah.html. Terima kasih!

Ditulis Oleh : Minat Membaca // 15.16
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar